Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 34 Banyuasin III Pada Mata Pelajaran Matematika.

Fadilah, Nurul (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 34 Banyuasin III Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 1 CD.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. CD.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis STEM ( Science, Technology, Engineering, Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 34 Banyuasin III pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental dengan Posttest only control grup design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis STEM ( Science, Technology, Engineering, Mathematics) dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen, yaitu 81,04. Peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya 66,00. Hasil uji statistik menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektivan pada model pembelajaran berbasis STEM ( Science, Technology, Engineering, Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada materi Matematika. Kata Kunci: STEM ( Science, Technology, Engineering, Mathematics), kemampuan berpikir kritis, materi Matemtika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorOktavia, MaharaniNIM0208108401
ContributorAyurachmawati, PujiNIM0211118806
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: User Repo 02
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:58
Last Modified: 27 Aug 2025 01:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3548

Actions (login required)

View Item View Item