Amanda, Tria (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR 88 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
DAFTARA PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS pada kelas V Sekolah Dasar, khususnya materi bumi berubah. Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang menarik dan monoton dengan menggunkan metode ceramah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dan menggunakan pendekatan nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Picture and Picture dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Data diperoleh melalui pretest dan posttest. Hasil menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,23, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 63,26. Uji independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model Picture and Picture berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LC Special aspects of education |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 40 | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:41 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:41 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |