Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUNG MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD

AHMAD, SYIBAWAEH (2025) PENGARUNG MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER- AHMAD SYIBAWAEH.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I-AHMAD SYIBAWAEH.pdf

Download (373kB)
[img] Text
ABSTRAK-AHMAD SYIBAWAEH.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-AHMAD SYIBAAEH.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V berjumlah 51 siswa SD Negeri 34 Palembang. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas V B sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Rata-rata posttest pada kelas eksperimen 70,80 lebih besar dari pada kelas kontrol 60,00. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Indenpendent Sampel T-test. Dari hasil uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 26 diperoleh t hitung 3.378 > t tabel 2,009 dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.001 (< 0.05). Hal ini menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 34 Palembang. Kata Kunci: Model CTL, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLUKMAN, HAKIMUNSPECIFIED
ContributorHENNI, RIYANTIUNSPECIFIED
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KD England and Wales
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 93
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:32
Last Modified: 11 Jul 2025 02:32
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item View Item