Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS MODEL EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN KELAS V SD

KARYA, DIKA DARMA (2025) EFEKTIVITAS MODEL EXPERIENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN KELAS V SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Model Experiental Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Kelas V SD pada siswa kelas V SD Negeri 71 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melihat kefektifan model Experiental Learning terhadap menulis karangan, lalu penelitian ini juga bertujuan membandingkan keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Experiental Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen yaitu Pre-eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest, subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 71 Palembang. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh nilai rata-rata sebelum perlakuan yaitu hasil (pretest) sebesar 71,00 sedangkan setelah diberi perlakuan hasil (posttest) sebesar 82,41. Analisis data selanjunya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, diperoleh bahwa data hasil pretest dan posttest memiliki sebaran normal karena nilai Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Selain itu, data juga bersifat homogen yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung < Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa variasi data antara pretest dan posttest tidak berbeda secara signifikan. Selanjutnya, hasil uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,195 lebih besar dari ttabel sebesar 2,039. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experiential Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V di SD Negeri 71 Palembang. Kata kunci: Model Experiental Learning, Keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMURNIVIYANTI, LIZAUNSPECIFIED
ContributorSELEGI, SUSANTI FAIPRIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 29
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:43
Last Modified: 03 Jul 2025 06:43
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item