Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS V SD

PUTRI, ARDILA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (305kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (117kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan kerjasama siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental posttest only control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap kemampuan kerjasama siswa SD. Jumlah nilai hasil instrument angket juga menunjukkan perbandingan hasil dengan nilai rata-rata kelas ekperimen yaitu 62,92 dan 49,83 pada kelas kontrol. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji Independet T test diperolah hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0.05 yang berarti H, diterima, dengan hipotesis yang berbunyi "Ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan kerjasama siswa SD". Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share efektif untuk digunakan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan memberikan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAdrianus, DedyNIDN0227077601
ContributorErlan, RamadhaniNIDN0218039201
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 16 Aug 2024 05:09
Last Modified: 16 Aug 2024 05:09
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item