Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN WEB POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD

Serlie, Septarini (2024) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN WEB POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (336kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (121kB)
[img] Text
f. BAB 1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pembelajaran IPAS, yang disebabkan oleh penggunaan model dan media yang belum mampu memunculkan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Web Powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Instrument tes berupa 4 soal essai yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Analisis data dilakukan dengan teknik Independent Sample T-test. Hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai signifikan p-output (0.035) lebih rendah dari level signifikan 0.05 (95% taraf kepercayaan) dan nilai uji-t (2.251) lebih tinggi dari nilai ttabel (t0.05, 22 = 1.717). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemberian model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Web Powtoon berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD 137 Palembang. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAllen Marga, RettaNIDN0226038901
ContributorPuji, AyurachmawatiNIDN0211118806
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:28
Last Modified: 07 Oct 2024 02:28
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item