Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 96 PALEMBANG

Nadia, Putriani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 96 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER DAN PENGESAHAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
A. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Hasil belajar siswa diketahui bahwa dari 18 siswa hanya 8 siswa yang mencapai kkm sedangkan 10 siswa yang lain masih dibawah kkm sehingga hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri 96 Palembang kurang memuaskan. Sehingga Penelitian ini bermaksud untuk menguji apakah ada pengaruh model pembelajaran Think Pair Share mata pelajaran ips terhadap hasil belajar ips kelas IV di SD Negeri 96 Palembang. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design yang rancangannya berupa One-Group Pretest-Posttest Only Control Design hanya terdiri satu kelas eksperimen dan mengaitkan dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yaitu model pembelajaran Think Pair Share variabel terikatnya adalah hasil belajar ips. Subyek pada penelitian ini ialah kelas IV dengan jumlah 18 siswa di SD Negeri 96 Palembang. Pembatasan subyek pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan 4 soal essay. Berlandaskan hasil temuan yang diperoleh, data rata-rata nilai pretest sebesar (35) dan sesudah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share mendapatkan kenaikan rata-rata pada nilai posttest yaitu sebesar (72,78). Pada hasil uji-t memperoleh nilai signifikansi thitung (15,73) > ttabel (2,22) yang berarti bahwa Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini adanya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 96 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorIlham Arvan, JunaidiNIDN0203088902
ContributorMasagus, FirdausNIDN0226098202
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:05
Last Modified: 19 Jul 2024 04:05
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item