Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VI SD

HERMAYUNITA, HERMAYUNITA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VI SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover+Pengesahan.pdf

Download (412kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (85kB)
[img] Text
f. BAB 1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran diorama pada materi sistem tata surya di kelas VI SD yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE (analisiz, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini yaitu kelas VI SD Negeri 100 Palembang. Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli yaitu ahli media, bahasa dan materi. Berdasarkan hasil validasi aspek materi memperoleh nilai sebesar 90,6% dengan kategori sangat valid, aspek media memperoleh nilai 83,7% denagn kategori sangat valid, dan aspek bahasa memperoleh nilai sebesar 85% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dilakukan dengan uji coba one two one dengan populasi sebanyak 3 orang dan small group sebanyak 10 orang Hasil angket kepraktisan one two one memperoleh nilai sebesar 91,3% dengan kategori sangat praktis dan angket small group memperioleh nilai sebesar 92,8% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media diorama yang dikembangkan sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPatricia HM, LubisNIDN0021087601
ContributorHenni, RiyantiNIDN0231079501
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:22
Last Modified: 24 Sep 2024 02:22
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item