Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Ginanjar, Wilujeng (2024) KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA SISWA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

Proses belajar membaca dan menulis merupakan proses yang penting bagi Sekolah Dasar. Kemampuan literasi membaca dan menulis menjadi kunci pondasi utama dalam proses pembelajaran untuk menghadapi tuntutan masyarakat modern yang semakin kompleks. Sayangnya kemampuan literasi baca tulis siswa di Indonesia terjadi penurunan yang tajam selama kurun 4 tahun terakhir, yaitu tahun 2018-2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan literasi baca tulis. Populasi penelitian ini sebanyak 57 siswa kelas IV SD Negeri 34 Palembang pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024 yang dibagi menjadi dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen berjumlah 29 siswa yang menerima penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), kelas 4 A sebagai kelas kontrol sejumlah 28 siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control design. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan literasi baca tulis, teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil pendidikan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan literasi baca tulis siswa di kelas IV SD Negeri 34 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRohana, RohanaNIDN0020037201
ContributorNugroho, NADNIDN0213118702
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:20
Last Modified: 24 Sep 2024 02:20
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item