Elisa, Triyani (2024) PENGARUH TEORI VAN HIELE TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS V DI SD NEGERI 140 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER DAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (110kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teori Van Hiele terhadap kemampuan spasial siswa pada materi bangun datar pada kelas V SD Negeri 140 Palembang ditinjau dari kemampuan spasial. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen menggunakan Quasi Experimental design dengan rancangan Non-equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Data dikumpulkan dengan metode tes. Sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 40 siswa yang diambil keseluruhan dari kelas V. A dan V. B di SD Negeri 140 Palembang yang dimana kelas V.A sebagai kelas kontrol dan kelas V.B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji-t (independent sampel T-tes), sebelum dianalisis dilakukan uji pra syarat yaitu normalitas data dan homogenitas hasil penelitian dari hasil uji-t bahwa nilai sign (2-tailed) mendapatkan hasil nilai 0,834 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa H_O ditolak sehingga H_a diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh teori Van Hiele dan penerapan Teori Van Hiele memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan spasial siswa kelas V di SD Negeri 140 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2024 03:00 | |||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2024 03:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/762 |
Actions (login required)
View Item |