Try Yulianty Marito, Hutagalung (2024) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 103 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
3. Cover+Pengesahan (2).pdf Download (427kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (92kB) |
|
Text
5. BAB I .pdf Download (244kB) |
|
Text
13. DAPUS.pdf Download (121kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 103 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif metode eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah soal tes. Desain penelitian ini adalah quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Hasil pengolahan data dari penelitian yang sudah dilakukan diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol 51,63, pretest kelas eksperimen 52,07, posttest kelas kontrol 61,78 dan posttest kelas eksperimen 85,70. Hasil uji normalitas menunjukkan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian pada tiap kelompok sama (homogen). Hasil uji hipotesis independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 2-tailed yaitu 0,000 sehingga Sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 11,176 dan ttabel 2,00404 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang mana berarti ada pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 103 Palembang
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2024 07:10 | |||||||||
Last Modified: | 28 Sep 2024 07:10 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/606 |
Actions (login required)
View Item |