Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE RANGKAI KUPAS (SUKU KATA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SD

Shelti Gusty, Anggraini (2024) PENGARUH METODE RANGKAI KUPAS (SUKU KATA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
C. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode rangkai kupas (suku kata) untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SD Methodist 03 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu kelas I SD Methodist 03 Palembang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis paired sample t test. Hasil analisis data menunjukkan pengujian hipotesis dengan uji paired sample t test diperoleh nilai thitung sebesar 6,392 > 1,703 nilai ttabel dengan signifikan 0,000 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode rangkai kupas (suku kata) untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SD Methodist 03 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLiza, MurniviyantiNIDN0203077301
ContributorDavid Budi, IrawanNIDN0216048904
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:20
Last Modified: 07 Oct 2024 02:20
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item