Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD

MAISARAH, MUFTI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (233kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (112kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDIT Annajiyah Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest yang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired sampel t-test) . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest IPAS sebesar 50,50 sedangkan rata-rata hasil posttest IPAS sebesar 84,00 sehingga mengalami peningkatan sebesar 33,3 . Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorM. Taheri, AkbarNIDN0211118820
ContributorSusanti Faipri, SelegiNIDN0209048401
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:23
Last Modified: 08 Oct 2024 04:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item