Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP BERBANTU MEDIA PAPAN SECRET FLOWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

IKKA ADELLIA, YUSUF (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP BERBANTU MEDIA PAPAN SECRET FLOWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + Lembar Pengesahan (1).pdf

Download (72kB)
[img] Text
ABSTRAK-Indonesia.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Buzz Group yang dibantu oleh media papan Secret Flower terhadap hasil belajar siswa SD. Metode Buzz Group adalah teknik pembelajaran yang menggabungkan diskusi kelompok kecil dengan partisipasi aktif siswa, sementara media papan Secret Flower adalah alat bantu visual yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode Buzz Group dengan papan Secret Flower dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Metode yang digunakan peneliti adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian nonrandomized control group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, uji Independent sampel t-test (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian ini analisis data dan pembahasan dibuktikan dengan perhitungan uji N-gain menunjukkan bahwa hasil perhitungan didpatkan nilai sebesar 68,7184 atau > 68 yang artinya metode pembeajaran buzz group berbantu media papan secret flower cukup berpengaruh digunakan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Dan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil derajat penting 0,000 lebih kecil dari nilai sig 0,05 artinya 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran buzz group berbantu media papan secret flower terhadap hasil belajar siswa SD.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMasnunah, MasnunahNIDN0219027101
ContributorSylvia Lara, SyaflinNIDN0201108003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:19
Last Modified: 08 Oct 2024 04:19
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item