Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Sekolah Dasar

Fitra, Utami (2024) Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Sekolah Dasar. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
f. BAB 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)

Abstract

Pembelajaran diferensiasi adalah menciptakan suatu kelas yang beragam dengan memberikan kesempatan dalam meraih konten, memproses suatu ide dan meningkatkan hasil setiap murid, sehingga murid-murid akan bisa lebih belajar dengan efektif. Oleh karena itu, ingin dikaji lebih lanjut bagaimana pelaksanaan pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta bagaimana dampak pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V SD Negeri 24 Muara Enim, penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar pedoman wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (verifikasi). Penerapan pembelajaran diferensiasi di kelas V SD Negeri 24 Muara Enim Meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk. Hasil penelitian menunjukkan perubahan positif bagi siswa. Siswa-siswa menunjukkan antusias cukup bagus dan merasa senang bisa memahami materi pembelajarannya. Pembelajaran diferensiasi telah membantu menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan menarik serta memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk berkembang sesuai dengan potensinya.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDessy, WardiahNIDN0225127701
ContributorAldora, PratamaNIDN0223099301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:16
Last Modified: 08 Oct 2024 04:16
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item