DEWI, SAADAH (2024) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATERI BANGUN DATAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (96kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh pendekatan matematika realistik indonesia terhadap hasil belajar siswa SD pada materi bangun datar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Pada Materi Bangun Datar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kels V SD Negeri 222 Palembang, sampel penelitian terdiri dari 46 siswa yaitu kelas V.A sebagai kelas ekperimen yang menggunakan pembelajaran PMRI, dan V.B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini true eksperimen dengan desain posttest-only control group. Untuk mendapatkan hasil data, penulis menggunakan tes dan dokumentasi, dan untuk melihat perbedaan yang signifikan, Teknik analisis yang digunakan adalah rumus t-test dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,000 > ttabel 1,679 = Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Hₒ ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan pendekatan matematika realistik indonesia (PMRI) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:10 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:10 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/527 |
Actions (login required)
View Item |