Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD N 140 PALEMBANG

NADIANTI BEKA, AALIYAH (2023) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SD N 140 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
b. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (98kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konstruktivisme berbantuan media konkret atau nyata yang ada di kehidupan sehari-hari pada materi pembelajaran IPA tema 9 benda-benda di sekitar kita pada subtema 1 benda tunggal dan campuran terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SD N 140 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ialah Quasi Eksperimen (quasi experimental).Ciri utama pada penelitian mempunyai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang tidak dipilih secara random. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 50 yang terbagi menjadi dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Hasil rata-rata nilai yang didapat pada pre-test ini yaitu kelas eksperimen sebesar 48,00 dan kelas kontrol sebesar 46,80 kemudian setelah di berikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional rata- rata hasil post-test meningkat menjadi kelas eksperimen sebesar 79,60 sedangkan post-test kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 64,44. berdasarkan nilai pre-test dan post-test terjadi peningkatan sebesar 30,00. selain itu perhitungan uji hipotesis (uji-t) di atas, diperoleh nilai signifikan post-test pada kelas eksperimen thitung > ttabel yaitu 4,584 > 2,060, maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukardi, SukardiNIDN0001076301
ContributorEni, HeldayaniNIDN021306890
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:32
Last Modified: 19 Jul 2024 03:32
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item