Ketlin, Ketlin (2023) PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD MUHAMMADIYAH LEBUNG ITAM. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. cover dan halaman pengesahan.pdf Download (343kB) |
|
Text
a. abtrak.pdf Download (104kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model scramble terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah Lebung Itam. sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 46 orang siswa pada kelas VA dan VB tidak di dasarkan atas tinggi atau rendahnya nilai IPA. Rancangan perlakuan penelitian ini menggunakan True experiment design dengan desain Posttest-Only Kontrol Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Scramble terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah Lebung Itam. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung pada hasil belajar peserta didik signifikansi thitung sebesar 10,549 pada df 23 sebesar 10,549 dan nilai lebih besar dari nilai taraf signifikansi 5% (10,549 >2,068). Pada hasil belajar kelas kontrol rata-rata hasil belajar 62,6, sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar 90. Hasil ini dipersentasekan perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 30,44%. Berdasarkan uraian diatas menunjukkan bahwa perlakuan yang berbeda menyebabkan terjadinya hasil akhir yang berbeda antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran scramble dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:30 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 03:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/45 |
Actions (login required)
View Item |