Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS IV SD

Permatasari, Rani (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS IV SD. Tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelelitian true experimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri 226 Palembang yang berjumlah 138 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IV.1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan kelas IV.3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada tes akhir 76,29 sementara itu nilai kelas kontrol pada tes akhir diperoleh 67,00. Hasil pengujian hipotesis dengan Uji Independent Sample T-test (Uji t) juga menunjukkan nilai signifikansi 0,014 < 0,05 dengan thitung (2,593) > ttabel 2,032 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap pemahaman Konsep IPAS siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (Tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorOktavia, MaharaniUNSPECIFIED
ContributorAyurachmawati, PujiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 30
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:53
Last Modified: 28 Aug 2025 02:53
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3630

Actions (login required)

View Item View Item