Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN UNTUK SISWA SMP

WULANDARI, FADHILAH APRI (2025) PENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN UNTUK SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
REPOSITORY COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
REPOSITORY ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
REPOSITORY BAB 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
REPOSITORY DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) memprioritaskan literasi dan numerasi guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menghadapi tantangan global. Literasi dan numerasi merupakan aspek penting yang harus dimiliki setiap siswa dalam proses pembelajaran, tanpa memandang pekerjaan atau tujuan masa depan, serta membantu mereka memperoleh keterampilan matematika yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal AKM pada materi pola bilangan yang valid dan reliabel untuk siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Tessmer yang terdiri dari tahapan Preliminary, Self Evaluation, Expert Reviews, One-to-one, Small Group, dan Field Test. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Betung dengan melibatkan 20 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data validasi ahli, uji validitas soal dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan memperoleh nilai kevalidan sebesar 85,7% dari hasil angket validator termasuk kategori valid. Selain itu, hasil tes siswa menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan valid serta memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,870 yang termasuk kategori sangat reliabel. Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Numerasi, Pola Bilangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorOCTARIA, DINAUNSPECIFIED
ContributorSARI, EKA FITRI PUSPAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Repo User 116
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:19
Last Modified: 27 Aug 2025 02:19
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3575

Actions (login required)

View Item View Item