Meliza, Anggia (2025) Pengaruh Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Well-Being Pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Palembang. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
A. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
F. BAB 1.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
Abstract
Well-Being merupakan salah satu aspek penting yang memengaruhi kenyamanan, motivasi belajar, dan kesejahteraan psikologis siswa selama berada di lingkungan sekolah. Rendahnya tingkat Well-Being dapat berdampak pada menurunnya partisipasi belajar, meningkatnya stres, serta munculnya perilaku negatif di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan Well-Being siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 29 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket Well-Being yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Well-Being yang signifikan setelah diberikan perlakuan, yang dibuktikan melalui hasil uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal efektif digunakan sebagai alternatif layanan untuk meningkatkan Well-Being siswa di sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan dan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Repo User 01 | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:48 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:48 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |