Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA PERMAINAN KARET GELANG DALAM PEMBELJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Yulianti, Ulfiah (2025) PENGARUH MEDIA PERMAINAN KARET GELANG DALAM PEMBELJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (290kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.docx

Download (12kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitisn ini bertujuan untuk mnegetahui pengaruh media permainan karet gelang dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep perkalian di kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi eksperimen . populasi penelitian ini adalah seluruh kelas II SD Negeri 10 Tanjung lago dengan jumlag 54 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86 dan nilai posttest kelas kontrol adalah79 . Berdasarkan perhitungan SPSS 22 uji t diketahui nilai sig (2-tailed) sebedar 0,016 < 0,05 dan nilai t hitung 2,483 > 2006. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada pengaruh media permainan karet gelang dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep perkalian di kelas II sekolah dasar. Kata kunci : Media Permainan , Karet Gelang, Pemahaman Konsep Perkalian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHERYANTO, AUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Hj. Eliyani M.M
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:33
Last Modified: 21 Aug 2025 07:33
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3511

Actions (login required)

View Item View Item