Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH TEKNIK COGNITIF BEHAVIORAL THERAPY (CBT) UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA DI SMP MUHAMMADIYYAH 3 PALEMBANG.

NADILA, SEPTI (2025) PENGARUH TEKNIK COGNITIF BEHAVIORAL THERAPY (CBT) UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA DI SMP MUHAMMADIYYAH 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.docx

Download (254kB)
[img] Text
Download Abstrak_Bilingual_Septi_Nadila.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam mereduksi stres akademik siswa di SMP Muhammadiyah 3 Palembang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tingginya tingkat stres akademik yang dialami oleh siswa, ditunjukkan melalui gejala seperti sulit fokus, khawatir berlebihan, nilai menurun, dan penarikan diri secara sosial. CBT dipilih sebagai metode intervensi karena fokus pada perubahan pola pikir negatif dan perilaku maladaptif melalui pendekatan kognitif dan perilaku. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket stres akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Perlakuan yang diberikan adalah CBT dengan media ular tangga sebagai alat bantu terapi. Hasil analisis data menunjukkan terjadi penurunan signifikan pada tingkat stres akademik setelah perlakuan diberikan. Nilai rata-rata pretest sebesar 163,10 berkategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 133,52 berkategori sedang, dengan persentase penurunan sebesar 18,8%. Uji T menunjukkan signifikansi 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari teknik CBT dalam mereduksi stres akademik siswa. Dengan demikian, CBT efektif diterapkan di lingkungan sekolah untuk membantu siswa mengatasi tekanan akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNURLELA, NURLELAUNSPECIFIED
ContributorARIZONA, ARIZONAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:36
Last Modified: 21 Aug 2025 04:36
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3493

Actions (login required)

View Item View Item