Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN GENDER DI SDN 68 PALEMBANG

Widhiyani, Ni Nyoman Revi (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN GENDER DI SDN 68 PALEMBANG. Tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan Revi.pdf

Download (280kB)
[img] Text
a. ABSTRAK INDONESIA (REVI).docx

Download (20kB)
[img] Text
f. BAB 1 (REVI).pdf

Download (253kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka (REVI).pdf

Download (173kB)

Abstract

Pendidikan ialah seluruh pengetahuan belajar yang terjadi sepanjang hayat manusia dengan memberikan pengaruh positif setiap pertumbuhan belajar seseorang. Model Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang berfokus pada keterampilan pemecahan masalah pembelajaran menggunakan masalah nyata dari kehidupan sehari-hari untuk membantu siswa belajar. Oleh karena itu, dengan adanya penggunaan model Problem Based Learning ini mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam belajar. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan gender di SD palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode eksperimen dengan desain posstes – only control group desain. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV SDN 68 Palembang berjumlah 62 siswa, untuk sampel penelitian ini yakni siswa kelas IV A berjumlah 21 siswa sebagai kelas kelas ekperimen dan siswa kelas IV B berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penlitian ini berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik analisis data penelitian ini yakni menggunakan uji ANOVA dua jalur yang menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (2) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan gender siswa: (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci : Model PBL, kemampuan berpikir kritis matematis, Gender

Item Type: Thesis (Tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKesumawati, NilaUNSPECIFIED
ContributorRiyoko, EndieUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 19
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:23
Last Modified: 21 Aug 2025 04:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3477

Actions (login required)

View Item View Item