HEPIANI, HELTI (2025) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI AFIRMASI POSITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP PGRI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (26kB) |
Abstract
Self Confidence adalah sikap dan perasaan yakin terhadap kemampuan dalam diri sendiri sehinga membuat diri sendiri tidak merasa cemas saat ataupun takut menghadapi kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan bimbingan kelompok mengunakan teknik diskusi melalui afirmasi positif dalam meningkatkan self confidence pada peserta didik SMP PGRI 1 Palembang.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pree eksperimen dengan jenis one group pretest posttest . Pengambilan sampel penelitian mengunakan teknik purposive sampling sebanyak 7 siswa kelas VII.3 di SMP PGRI 1 Palembang dengan kategori siswa memiliki self confidence rendah. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi,angket dan dokumentasi dengan analisis data mengunakan uji wilcoxon signed rank test untuk mengetahui perubahan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasill uji wilcoxon signed rank test menunjukan 0,018<0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui afirmasi positif dapat meningkatkan self confidence siswa SMP PGRI 1 Palembang. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self Confidence, Afirmasi Positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan dan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Repo User 01 | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:20 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:20 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |