Aulia, Deva (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 1 RIMBA SAMAK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Caver.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
Abstrak Indonesia Deva.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, dalam pembelajaran siswa bersifat pasif, malu bertanya, kurang memperhatikan penjelasan guru, dan siswa belum mampu memahami konsep dasar pecahan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN 1 Rimba Samak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre-eksperimental design dengan pendekatan One-Group-Pretest-Posttest. Tes terdiri dari 10 butir soal berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Rimba Samak yang berjumlah 28 siswa. Sampel penelitian ini hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas III yang berjumlah 28 siswa. Pengambilan nilai uji hipotesis hasil pretest dan posttest yang diperoleh iyalah Thitung = dan nilai Ttabel atau 12.728 ≥ 1.073 dan nilai sig 0.000 < 0.05 yang menandakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Blok Pecahan, Hasil Belajar, Alat Peraga, dan Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 150 | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:59 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:59 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |