Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep IPAS SD

Mulyati, Mulyati (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep IPAS SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING.pdf

Download (224kB)
[img] Text
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap pemahaman konsep IPAS SD Negeri 72 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian non-equivalent controlgroup design. Populasi pada penelitian ini seluruh SD Negeri 72 Palembang, teknik sampling penelitian ini adalah teknik purposive sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan secara observasi, dokumentasi dan tes, untuk teknik analisis data penelitian uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep IPAS. Kemudian efektivitas penerapan model pembelajaran project based learning terhadap pamahaman konsep siswa berada pada kategori sedang. Kata kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep, IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPatricia H.M, LubisNIDN021087601
ContributorHenni, RitantiNIDN0231079501
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 20
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:51
Last Modified: 21 Aug 2025 01:51
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3410

Actions (login required)

View Item View Item