Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DI TK AMELIA PALEMBANG

Amalia Zadela, Putri (2025) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DI TK AMELIA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan guru dalam pembentukan karakter sosial anak usia dini di lingkungan sekolah di TK Amelia Palembang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi alami. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara guru, kepala sekolah, dan anak didik di lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dalam hal ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh strategi yang digunakan guru dalam pembentukan karakter sosial anak. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk menjamin keakuratan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru melalui pembiasaan sehari-hari, keteladanan, dan kegiatan spontan sudah baik dalam pembentukan karakter sosial anak. Terlihat dari sikap anak yang disiplin, mandiri, anak mampu bekerja sama, bertanggung jawab, dan empati. Kata Kunci : Karakter Sosial, Strategi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLian, BukmanUNSPECIFIED
ContributorNovianti, RahmahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Repo User 19
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:34
Last Modified: 07 Aug 2025 04:34
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3390

Actions (login required)

View Item View Item