Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Mengembangkan Etika Siswa

Agustina, Tri (2025) Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Mengembangkan Etika Siswa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
Cover_ Tri Agustina .pdf

Download (211kB)
[img] Text
Abstrak _ Indonesia.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I (Tri Agustina).pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (TRI AGUSTINA).pdf

Download (424kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah rendahnya etika siswa terhadap guru kelas IV SD Negeri 138 OKU. Permasalahan dalam penelitian adalah kurangnya etika siswa terhadap guru seperti mengejek guru yang mengajar perihal fisik, menganggap bercandaaan dari larangan guru, dan meninggikan suara kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila terhadap pengembangan etika siswa kelas IV SD Negeri 138 OKU. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 30 siswa kelas IV yang dipilih dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket dengan 19 butir pernyataan yang telah divalidasi. Data dikumpulkan melalui pretest, tiga kali perlakuan (treatment) menggunakan model CTL, dan posttest. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai 57,77 (kategori rendah), sedangkan hasil posttest menunjukkan peningkatan menjadi 70,20 (kategori sedang). Uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung -13,221 > ttabel 2,045, menunjukkan adanya pengaruh signifikan model CTL terhadap etika siswa. Secara observasional, peningkatan etika siswa tampak dari perubahan sikap seperti berbicara sopan, masuk kelas tepat waktu, dan perilaku menghargai guru. Kesimpulannya, penerapan model CTL secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan etika siswa pada materi "Pancasila dalam Diriku". Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Etika Siswa, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPuspita, YennyUNSPECIFIED
ContributorSari, Syska PurnamaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 84
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:30
Last Modified: 07 Aug 2025 04:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3383

Actions (login required)

View Item View Item