Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI KELAS V SD NEGERI 11 RIAU SILIP

DEA, OKTAVIA (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI KELAS V SD NEGERI 11 RIAU SILIP. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER, LEMBAR PENGESAHAN, LEMBAR TIM PENGUJI, BLANKO PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (117kB)
[img] Text
e. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang valid dan praktis pada materi keberagaman budaya dan bangsa di Indonesia pada pembelajaran PPKN. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan analisis kevalidan dengan menggunakan lembar angket validasi, lembar walktrough oleh 3 orang pakar yang menilai dari segi materi, media dan bahasa. Sedangkan, untuk analisis kepraktisan dengan menggunakan lembar respon peserta didik oleh 12 peserta didik yakni 3 peserta didik kelas Va pada uji coba one to one dan 9 peserta didik kelas Vb pada uji coba small group. Hasil analisis yang didapat dari penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yakni valid dan praktis dengan nilai rata- rata kevalidan 83,3% yang dikategorikan sangat valid dan nilai rata- rata kepraktisan 90, 7% pada uji coba one to one dan 94,7% pada uji coba small group dan dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, LKPD yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis sebagai fasilitas pembelajaran peserta didik. LKPD yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMaharani, OktaviaNIDN0208108401
ContributorPuji, AyurachmawatiNIDN0211118806
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:23
Last Modified: 19 Jul 2024 03:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item