Sumarni, Sumarni (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PALEMBANG. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER & LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
a. ABSTRAK INDONESIA.docx Download (16kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (125kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
ABSTRAK Hasil peningkatan kualitas proses pembelajaran tersebut dapat dilihat dari hasil analisis observasi proses pembelajaran pada siklus II yang menunjukkan peningkatan dari siklus I. Pada siklus II siswa lebih partisipatif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa sudah lebih aktif dalam berdiskusi kelompok maupun ketika maju membacakan puisi dan memberikan tanggapan teman yang membaca puisi. Secara keseluruhan, siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif, nyaman dan serius. Selain itu, guru juga sudah melaksanakan pedoman-pedoman pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan lebih baik. Hasil observasi proses pembelajaran juga senantiasa menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) telah memenuhi indikator keberhasilan proses dalam penelitian ini. Selain itu, hasil tes menulis puisi pada nilai rata-rata awal atau pra siklus, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan dari 48 pada pra siklus, menjadi 62 pada siklus I, dan meningkat secara signifikan menjadi 83 pada siklus II. Sementara itu persentase siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal pun meningkat dari 15% pada pra siklus, menjadi 56% pada siklus I, dan meningkat secara signifikan pada siklus II menjadi 91%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil menganalisis unsur pembangun puisi melalui Problem Based Learning (PBL) telah memenuhi indikator keberhasilan produk dalam penelitian ini. Kata Kunci: Menganalisis unsur pembangun puisi dan model Problem Based Learning (PBL)
Item Type: | Thesis (tesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics | |||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Selvi Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2024 03:28 | |||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 03:28 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/321 |
Actions (login required)
View Item |