Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN IPAS

OPIANTI, MIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN IPAS. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
ABSTRAK MIA OPIANTI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI MIA OPIANTI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka[1].pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media diorama terhadap hasil pembelajaran IPAS di SD Negeri 77 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test only control group design. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis pada nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji-t (independent sampel T-test) dengan bantuan SPSS, maka diperoleh hasil nilai sig. 2 (tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media diorama terhadap hasil pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri 77 Palembang. Kata kunci: Discovery Learning, Media Diorama, Hasil Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMARHAMAH, MARHAMAHUNSPECIFIED
ContributorKUSWIDYANARKO, ARIEFUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 30
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:26
Last Modified: 15 Jul 2025 08:26
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item