Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD

Rostifa, Reza (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text
a. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode jenis Quasi Eksperimental desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 78,36 sedangkan kelas kontrol sebesar 62,72. Berdasarkan analisis data menggunakan Uji Independet Sampel T-Test dengan kriteria Ha diterima jika thitung > ttabel dengan perolehan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,448 > ttabel = 2,018 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dari perhitungan tersebut Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SD. Kata Kunci : Model Pembelajaran POE, Hasil belajar, IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarUNSPECIFIED
ContributorMarleni, MarleniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: User Repo 02
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:48
Last Modified: 15 Jul 2025 07:48
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item