Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD

Jeni, Leviani (2025) EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. cover + pengesahan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
a. ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (342kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4 Muntok pada kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantiatif dengan jenis penelitian eksperimen, quasi experimental, dengan bentuk desain pretest – postest. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu berjumlah 46 siswa, dari kelas V.A dan V.B. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan dependent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai yaitu 5,614 dan nilai = 1,680 dengan ∝ = 0.05 dan df = 44, berarti > sehingga ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan metode storytelling efektiv terhadap keterampilan berbicara siswa di SDN 4 Muntok. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Metode Storytelling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarUNSPECIFIED
ContributorMarleni, MarleniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 20
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:36
Last Modified: 15 Jul 2025 02:36
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item