Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SDN 3 TANJUNG SAKTI PUMI

Lesmana, Lala Mutiara (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA SDN 3 TANJUNG SAKTI PUMI. Skripsi thesis, Univeritas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI LALA MUTIARA LESMANA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
A. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
F. BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh pengunaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks deskripsi pada siswa SD Negeri 3 Tanjung Sakti Pumi. Penelitian ini dilaksananakan di SDN 3 Tanjung Sakti Pumi yang beralamatkan di Desa Gunung Karto Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest-Posttest design. Populasi dan sample penelitian ini adalah sisa kelas V SD Negeri 3 Tanjung Sakti Pumi yang berjumlah 22 siswa. Setelah dilakukan pretest ddan posttest diperoleh hasil nilai rata-rata pretest yaitu 44,88 dan Posttest yaitu 70,45.Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan Test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan uji-t thitung = 9,765 > ttabel = 1,721 maka dapat disimpulkan bahwa maka tolak maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas V SDN 3 tanjung sakti pumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dan juga membuat siswa lebih aktif lagi karena pembelajaran berdiferensiasi ini adalah pembelajaran yang disesuaikan minat, kesiapan, dan kebutuhan peserta didik Kata kunci: Berdiferensiasi, Kemampuan Menulis, Teks deskripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWardiah, DessyUNSPECIFIED
ContributorAmiruddin, AmiruddinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:29
Last Modified: 15 Jul 2025 02:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3024

Actions (login required)

View Item View Item