Rose, Ade (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STORYJUMPER TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SDN 20 BETUNG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
Cover (1).pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran StoryJumper terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas II di SDN 20 Betung. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 29 siswa, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest menggunakan soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan indikator membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa setelah diterapkan media StoryJumper. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa setelah menggunakan media StoryJumper. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan StoryJumper efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Kata kunci: StoryJumper, media pembelajaran, membaca pemahaman, siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 87 | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2025 04:55 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2025 04:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |