Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V SD

Apriana, Elsatri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER ELSATRI APRIANA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Astrak indo elsa.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB 1 elsa.pdf

Download (236kB)
[img] Text
dapus elsa.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SD Negeri 4 Rambang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Rambang yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Pretest dan Posttest berupa essay kemudian dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis penelitian ini adalah uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian berdasarkan data uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal dengan taraf signifikan > 0,05. Sedangkan berdasarkan kriteria pengujian hipotesis nilai thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan numerasi siswa Kelas V SD. Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMarhamah, MarhamahNIDN0219048201
ContributorKuswidyanarko, AriefNIDN0217039001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:19
Last Modified: 11 Jul 2025 03:19
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2897

Actions (login required)

View Item View Item