Siregar, Meliana (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS WEBSITE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 248 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER_MELIANA SIREGAR.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_INDONESIA_MELIANA SIREGAR.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB I_MELIANA SIREGAR.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_MELIANA SIREGAR.pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis website terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV SDN 248 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true eksperimental design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran etnomatematika berbasis website dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Seluruh siswa kelas IV merupakan populasi penelitian, dan pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling). Sampel penelitian terdiri dari 63 siswa, terbagi menjadi kelas IV.A (32 siswa) dan IV.C (31 siswa). Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) pada kedua kelas. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan Uji-T (Independent Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (3.057) > ttabel (1,670) yakni 3.057 > 1,670 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil ini, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan numerasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Terbukti bahwa penggunaan media pembelajaran etnomatematika berbasis website berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa. Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen (83,31) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (75,24). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran etnomatematika berbasis website efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Kata kunci: Etnomatematika, Kemampuan Numerasi, Website
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 38 | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:14 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |