Aprilia, Riken (2025) ANALISIS KEMAMPUAN MENEMUKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI FABEL SISWA KELAS II DI SD NEGERI 123 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER RIKEN.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
absrak riken.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
bab 1 riken.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA R.pdf Download (118kB) |
Abstract
Fabel dapat menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menemukan nilai-nilai pendidikan karakter pada cerita fabel. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas 2 SD Negeri 123 Palembang yang berjumlah 20 orang. Teknik pengunpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Cerita fabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerita fabel yang ada pada buku siswa yang digunakan siswa pada pembelajaran di sekolah. Berdasarkan analisis data penelitian disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas II SD Negeri 123 Palembang dalam menemukan nilai karakter padacerita fabel dikategorikan baik dengan rata- rata 86,25. Terdapat variasi dalam tingkat kemampuan siswa menemukan nilai karakter pada cerita fabel. Dari total 20 siswa, 17 siswa memperoleh kategori sangat baik dengan persentase 85%, 1 siswa berada pada kategori baik dengan persentase 5%, 1 siswa memperoleh kategori cukup baik dengan persentase 5%, dan 1 siswa memperoleh kategori kurang baik dengan persentase 5%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 152 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:39 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |