Wuri Utami, Widya (2025) PENGARUH MODEL PMRI BERBASIS NUMERASI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER_WIDYA WURI UTAMI.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_WIDYA WURI UTAMI.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB I_WIDYA WURI UTAMI.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_WIDYA WURI UTAMI.pdf Download (204kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model PMRI berbasis numerasi matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif eksperimen jenis True Eksperimental Desain bentuk Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V. C dan V.A yang berjumlah 63 siswa di SD Negeri 04 Palembang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang didapatkan peneliti dari soal posttest kelas eksperimen sebesar 77,88, sedangkan kelas kontrol sebesar 66,94. Berdasarkan analisis menggunakan Uji Independent Sampel T-Test dengan kriteria Hα diterima jika thitung > ttabel dengan perolehan data thitung = 2,516 dan ttabel = 0,2480 dengan taraf signifikan 0,05 maka Hα diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya ada pengaruh yang signifikan antara model PMRI berbasis numerasi matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Model PMRI, Numerasi, Matematika
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 19 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:34 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:34 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |