Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN METODE READ ALOUD BERBASIS WEB LITERACY CLOUD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 26 GELUMBANG

'Aisy, Rohadatul (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE READ ALOUD BERBASIS WEB LITERACY CLOUD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 26 GELUMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode Read Aloud berbasis web Literacy Cloud terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 26 Gelumbang. Jenis penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 37 siswa kelas IV SD Negeri 26 Gelumbang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Kelas eksperimen berjumlah 19 siswa dan kelas kontrol berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 86,84, sedangkan kelas kontrol 72,22. Uji Independent Sample t-Test menunjukan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Read Aloud berbasis web Literacy Cloud terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 26 Gelumbang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorJaya, AswadiNIDN0220128503
ContributorPrasrihamni, MegaNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 199
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:37
Last Modified: 03 Jul 2025 06:37
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item