Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA PAMERAN BUDAYA UNTUK MENUMBUHKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG WARISAN BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 232 PALEMBANG

ANDINI, ANDINI (2025) PENGARUH MEDIA PAMERAN BUDAYA UNTUK MENUMBUHKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG WARISAN BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 232 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
Cover AN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Abstrak AN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I AN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAPUS AN.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pameran budaya terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang warisan budaya Sumatera Selatan pada siswa kelas IV SD Negeri 232 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan media pameran budaya dan kelas kontrol yang menggunakan media digital. Instrumen pengumpulan data berupa tes pengetahuan berbentuk pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen adalah 44,00 dan meningkat menjadi 93,80 pada posttest. Sementara itu, rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 46,36 dan meningkat menjadi 69,31 pada posttest. Peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa media pameran budaya efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang warisan budaya lokal. Indikator pameran budaya meliputi pemahaman terhadap unsur budaya, inovasi dalam penyusunan dan penyajian materi, kerapian, keindahan, dan tata ruang pameran, partisipasi dan tanggung jawab selama kegiatan, serta cara siswa menjelaskan materi saat pameran. Dengan demikian, media pameran budaya dapat dijadikan sebagai alternatif media pameran pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran muatan lokal di sekolah dasar. Kata kunci: media pameran budaya, warisan budaya, pengetahuan siswa, pembelajaran kontekstual, sekolah dasar

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNURANISA, NURANISAUNSPECIFIED
ContributorBUDI LAKSANA, ROBERTUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 12
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:29
Last Modified: 03 Jul 2025 06:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item