Amelia, Safira (2025) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 07 PAYARAMAN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
ABSTRACK INDONESIA.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9MB) |
Abstract
Berdasarkan penelitian ini dilatar belakangi bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 07 Payaraman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 07 Payaraman yang berjumlah total 34 siswa.Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV yang diajarkan menggunakan media pembelajaran pop up book lebih baik, Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas IV yang menggunakan media pop up book yaitu rata-rata nilai 79,41. Pengujian hipotesis data penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan kriteria pengujian yaitu Ha diterima jika thitung > ttabel. Diperoleh dengan nilai yaitu (thitung) 7.524 > (ttabel) 1.692 dan sig. (2-tailed) =0.000 < 0,05 maka dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak atau hipotesis menyatakan bahwa terdapat hasil belajar IPAS kelas IV SDN 07 Payaraman. Kata Kunci : Media Pop Up Book, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 73 | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:24 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:24 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |