Yahya, Mufli (2025) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN GENDER PADA SISWA SD NEGERI 16 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
cover.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
Abstrak indo.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
Abstract
Rendahnya nilai siswa pelajaran matematika, hal ini terjadi karena siswa kurang aktif dalam belajar dan mereka menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode eskperimen yaitu True Experimental Design jenis Posttest Only-Control Desain. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 16 Palembang, yang berjumlah 288 siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa media audio visual berjumlah 28 siswa, dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol yang tidak dibei perlakuan berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa essay, untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA Dua Jalur, hasil analisis menunjukan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa SD Negeri 16 Palembang; (2) ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan gender pada siswa SD Negeri 16 Palembang; (3) Tidak ada interaksi media audio visual dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa SD Negeri 16 Palembang.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 51 | |||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:14 | |||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |