Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING VERBAL SISWA SMP

ROHANI, ROHANI (2025) EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING VERBAL SISWA SMP. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

Perilaku bullying verbal adalah tindakan kekerasan yang sering terjadi secara lisan oleh orang yang memiliki kuasa dengan tujuan menyakiti, mengejek dan merendahkan orang yang lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling cognitive behavior teknik psikodrama untuk mereduksi perilaku bullying verbal siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pree eksperimen dengan jenis one group pretest posttest. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 siswa kelas VIII.4 SMPN 7 Palembang dengan kateori memiliki perilaku bullying verbal tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan uji wilcoxon signed rank test untuk mengetahui perubahan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan adanya perubahan signifikan sebelum dan sesudah dilakukan konseling cognitive behavior melalui teknik psikodrama dengan jumlah skor pretest 519 dan rata-rata 103,8 (kategori tinggi) seperti suka mengejek, mengancam, dan memanggil dengan sebutan menyakitkan, Kemudian dilakukan konseling cognitive behavior melalui teknik psikodrama menghasilkan jumlah skor posttest 186 dengan rata-rata 37,2 (kategori rendah) dengan lebih menghargai, berkata yang baik dan tidak menyakiti perasaan orang lain. Hasil uji wilcoxon signed rank test menunjukkan Z hitung -2,023 dengan nilai Asymp.Sig 0,043<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa konseling cognitive behavior melalui teknik psikodrama efektif mereduksi perilaku bullying verbal siswa SMP. Kata Kunci: Konseling Cognitive Behavior, Perilaku Bullying Verbal, Psikodrama.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPUTRI, RAMTIA DARMAUNSPECIFIED
ContributorSARI, SYSKA PURNAMAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Repo User 80
Date Deposited: 01 Jul 2025 05:06
Last Modified: 01 Jul 2025 05:06
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item View Item