Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK METHODIST 05 PALEMBANG

Suryani, Lilis (2025) IMPLEMENTASI EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK METHODIST 05 PALEMBANG. skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.docx

Download (15kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (264kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (191kB)

Abstract

Kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan yang rendah sehingga peneliti mencari Solusi dengan menggunakan experiential learning di TK methodits 05 Palembang. Subjek penelitian anak kelompok A berjumlah 11 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan rata-rata tingkat capaian perkembangan pengenalan konsep bilangan anak kelompok A dari pra siklus ke siklus I dan ke siklus II yaitu bahwa pada pra siklus skor sebesar 16,82 pada kategori belum berkembang, lalu pada siklus I dengan skor sebesar 27,91 dengan kategori mulai berkembang mengalami peningkatan sebesar 11,09 sedangkan pada siklus II dengan skor sebesar 39 dengan kategori berkembang sesuai harapan hal ini menunjukkan bahwa siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,09. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I dan siklus II maka terlihat bahwa pengenalan konsep bilangan anak telah mengalami peningkatan, karena pada dasarnya anak-anak usia dini merupakan masa dimana anak harus memiliki pengenalan konsep bilangan. Melalui metode ini anak dapat meningkatkan kecerdasan terutama di bidang Kognitif yaitu melalui pengamatan langsung dan dengan metode ini juga anak lebih tertarik, senang dan mudah menangkap dalam belajar sambil bermain. Kata kunci: Experiential Learning, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorDARMAWANI, EVIAUNSPECIFIED
CollaboratorSARI, MARDIANAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Feri Hidayat
Date Deposited: 08 May 2025 08:39
Last Modified: 08 May 2025 08:39
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item