Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

IMPLEMENTASI HABITUASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn PADA KELAS IV DI SDN 23 PALEMBANG

MARTINA, MARTINA (2024) IMPLEMENTASI HABITUASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKn PADA KELAS IV DI SDN 23 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
10, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Proses Pembelajaran PPKn Pada Kelas IV Di SDN 23 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 23 Palembang dengan sampel 23 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang peneliti lakukan, habituasi profil pelajar pancasila mencakup dimensi beriman, takwa kepada Tuhan yang mahaesa serta berakhlak mulia, kebhinekaan global, gotong royong, kemandirian, kritis penalaran, kreatif, peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan sumber data yang menunjukkan bahwa penguatan profil pancasila melalui perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi dilaksanakan dengan baik, hal ini didukung oleh hasil angket Dapat disimpulkan dari penelitian bahwa siswa dari elemen Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan beraklak muliah, berkebhinekaan global, gotong royong , kreatif. Sudah dijalankan dengan kosisten pada siswa kelas IV/B. Namun elemenn kemandirian dan penalaran kritis masih pada tahap mulai berkembang. Siswa masih harus dilatih dan dibimbing agar profil pelajar pancasila dapat diterapkan dengan baik dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan skor rata-rata 72% dengan kriteria baik. Dimana hasil angket juga menunjukkan 2 siswa memiliki cukup baik dengan presentase 8,70%. 16 siswa memiliki kriteria baik dengan presentase 69,57% dan 5 siswa memiliki kriteria sangat baik dengan presentase 21.74%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Contributorkabib, SholehNIDN0221038902
ContributorSylvia Lara, SyaflinNIDN0201108003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:57
Last Modified: 19 Jul 2024 07:57
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item