Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SLB DI KABUPATEN BANYUASIN

ADAWIYAH, SURYANI (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA SLB DI KABUPATEN BANYUASIN. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (14kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran berdiferensiasi dan profesionalisme guru terhadap perkembangan kemampuan literasi siswa SLB di Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Banyuasin yang terdiri dari 4 sekolah yakni, SLBN Banyuasin, SLB Rimba Asam, SLB OPI Jakabaring dan SLB Adhyastha. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi sederhana, uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dan profesionalisme guru terhadap kemampuan literasi siswa SLB di Kabupaten Banyuasin. Angka yang diperoleh koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0,296 yang berarti bahwa pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dan profesionalisme guru mampu memberikan sumbangan pengaruh terhadap kemampuan literasi siswa SLB di Kabupaten Banyuasin sebesar 29,6%, sedangkan sisanya 70,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak disebutkan di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi; Profesionalisme Guru; Kemampuan Literasi.

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWardiah, DessyUNSPECIFIED
ContributorIndrawati, Sri WahyuUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 11 Dec 2024 06:37
Last Modified: 11 Dec 2024 06:37
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item