Nunung, Oktari (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN DI SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER + PENGESAHAN.pdf Download (360kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDO.pdf Download (92kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (129kB) |
|
Text
14. DAFTARS PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
Pemahaman konsep matematika dapat diartikan bagian yang paling penting dalam pembelajaran matematika,peningkatan pemahaman konsep matematika perlu diupayakan demi keberhasilan peserta didik dalam belajar. Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan tercapai dalam belajar matematik terutama dalam materi pecahan di SD. Masalah penelitian ini adalah Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika dalam materi pecahan di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam materi pecahan melalui model Problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian Pre-Eksperimental dengan tipe One-Group pretest posttest. Subjek yang digunakan oleh peneliti ini yaitu kelas III SD Negeri 1 Teluk kijing yang berjumlah sebanyak 16 siswa. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik analisis statistik deskriftif, teknik analisis ketuntasan hasil belajar, teknik analisis data angket respon siswa,teknik analisis data observasi aktivitas belajar siswa dan teknik analisis gain ternormalisasi (N- Gain). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika materi Pecahan di sekolah dasar melalui model problem based learning berada dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari nilai persentse N-Gain yang diperoleh sebesar 0,6279. Keefektifan penerapan model Problem Based Learning juga dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari lembar observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai rata-rata total sebesar 90,05% yang dapat dikategorikan siswa sangat aktif. Angket respon siswa terhadap model problem based learning juga mendapatkan nilai sebesar 82,9% yang berarti respon siswa positif. Ketuntasan siswa memiliki persentase sebesar 100%. Persentase N-Gain yang diperoleh sebesar 56,15% yang berarti cukup efektif.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2024 01:48 | |||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2024 01:48 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1718 |
Actions (login required)
View Item |