Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA

RENI, YULISA (2024) PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (103kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Poster terhadap mata pelajaran IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V dibandingkan dengan hasil belajar siswa ketika tidak menggunakan media Poster . Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 01 Pemulutan Barat, dengan subjek berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Eksprimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest yang masing-masing terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Uji prasyarat melalui uji normalitas menggunakan uji shapiro wilk. Hasil uji normalitas soal pretest kelas kontrol sebesar 0,448 > 0,05 , soal posttest kelas kontrol sebesar 0,301 > 0,05 sedangkan soal prestest kelas eksperimen sebesar 0,135 > 0,05 dan posstest kelas eksperimen sebesar 0,165 > 0,05 sehingga data dalam keadaan normal. Hasil dari penelitian ini adalah uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 3,245 > ttabel = 1,69913. Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarNIDN0213128103
ContributorMarleni, MarleniNIDN0217038001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Nov 2024 03:45
Last Modified: 30 Nov 2024 03:45
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item